LKPI: Mayoritas Stake Holder Golkar Ingin Kembali Dipimpin Airlangga

Politik  JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 21:38:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

LKPI: Mayoritas <i>Stake Holder</i> Golkar Ingin Kembali Dipimpin Airlangga

Ilustrasi/Net

RMOLJogja. Tingkat kepuasan konstituen Partai Golkar terhadap kepemimpinan Airlangga Hartarto terbilang tinggi. Bahkan, 70,9 persen responden menilai Airlangga layak untuk kembali memimpin partai berlambang beringin itu.

Demikian tergambar dari hasil survei yang dilakukan Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI). Survei itu digelar sejak 27 Juli sampai dengan 8 Agustus 2019.

"Dari 2450 responden yang ditanya, sebanyak 70,9 persen menyatakan Airlangga Hartarto layak kembali memimpin Partai Golkar. Sebanyak 10,9 persen menyatakan tidak layak dan 18,2 persen tidak menjawab," terang Direktur Eksekutive LKPI Andri Gunawan melalui rilis seperti dilansir Kantor Berita RMOL, Jumat (9/8).

Andri mengatakan, mayoritas responden menilai, Airlangga berhasil membawa Golkar tetap bertahan di jajaran partai papan atas. Meski hanya menempatkan 85 wakil di DPR RI, atau turun 6 kursi dibandingkan pemilu 2014, namun hasil itu tetap dianggap sebuah prestasi.

Mayoritas stake holder Partai Golkar menilai, pencapaian tersebut layak mendapat apresiasi mengingat komplesitas problematika partai serta pendeknya waktu bagi kepengurusan Golkar pimpinan Airlangga untuk melakukan konsolidasi.

"Masa kepengurusan Airlangga hanya 1,5 tahun, sementara Golkar terus menerus didera masalah. Residu dari dualisme kepemimpinan dan elitnya yang terseret kasus hukum turut menggerus citra partai," terang dia.

Mayoritas responden yang disurvei LKPI menyatakan puas dengan kinerja kepengurusan Golkar dibawah kepemimpinan Airlangga.

"Sebanyak 52,6 % merasa sangat puas dengan kinerja Partai Golkar, 37,3 persen menyatakank dan yang tidak puas 7,7 %. Selebih tidak menjawab," tambah dia.
 
Mereka yang menyatakan puas terhadap kinerja kepengurusan Golkar beralasan, pasca badai terjadinya kepemimpinan ganda dan dijadikannya Setya Novanto sebagai tersangka oleh KPK, bukanlah tugas gampang mengembalikan citra partai berlambang beringin itu.

Terhadap pertanyaan, siapa yang layak memimpin Golkar periode mendatang, Airlangga juga menjadi calon yang paling banyak dipilih responden. Elektabilitasnya jauh melampaui kandidat lain.

"Jika Munas Golkar digelar hari ini, 66,3 responden memilih Airlangga Hartarto, disusul Agus Gumiwang 7,2 %, Bambang Soesatyo 6,4% , Azis Syamsudin 6,3 %, Indra Bambang Utoyo 3,2%,Ahmad Doli Kurnia 2,6 % dan Yorrys Raweyai 1,6 % Adapun yang tidak memberikan pilihan sebanyak 6.4 %," terang dia.

LKPI menyimpulkan, dari temuan hasil survei tersebut sangat jelas bahwa mayoritas stake holder Partai Golkar masih menginginkan Airlangga untuk kembali memimpin partai beringin itu.

Lebih jauh Andri menjelaskan, penelitian ini dilakukan mengunakan survei jajak pendapat masyarakat yang menyasar 2450 responden dari 34 provinsi dan 478 Kabupaten dan Kota. Para responden terpilih itu berasal dari kader Partai Golkar, pengurus, sayap partai, simpatisan dan pemilih Golkar pada Pemilu 2019.

Survei ini menggunakan metode cluster stage random sampling yang dilakukan dalam dua tahap. Pertama, menentukan sampel daerah, dan tahap berikutnya menentukan orang-orang yang ada pada daerah tersebut.

"Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95% dengan margin of error +/- 1.98%," demikian Andri. [fak]


Komentar Pembaca
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

KPK Tangkap Tangan Bupati Indramayu

SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 13:45:26

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12