Pelajari Kronologi, Tim Investigasi Polri Petakan Rusuh 21-22 Mei

Hukum  KAMIS, 06 JUNI 2019 , 23:04:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Pelajari Kronologi, Tim Investigasi Polri Petakan Rusuh 21-22 Mei

Tito Karnavian/Net

RMOLJogja. Polri terus mengusut kasus kerusuhan aksi 21-22 Mei yang telah menelan korban jiwa. Saat ini, tim investigasi yang dibentuk Bareskrim Polri sudah mulai memetakan berdasarkan kronologi peristiwa.

"Sudah pada proses mempelajari kronologi peristiwa. Kami sudah bisa membedakan antara aksi damai dalam bentuk ibadah, buka puasa, dan tarawih dengan aksi yang memang sengaja anarkis, rusuh, menyerang petugas. Ini ada dua segmen berbeda," terang Kapolri, Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri, Rabu (5/6).

Di segmen pertama, ujarnya, peserta aksi tak memiliki agenda khusus untuk membuat kerusuhan. Hal itu berbanding terbalik dengan segmen kelompok kedua.

"Peristiwa yang ada korban meninggal itu adalah peristiwa pada segmen kedua, bukan segmen pertama. Jadi kalau ada menyampaikan orang sedang berbuka puasa atau tarawih diserang, (itu) tidak benar," lanjutnya.

Sementara itu, tim Bareskrim akan mengusut pihak yang mendatangkan massa dari berbagai daerah.

"Dari 441 orang yang kami tahan sekarang, ada kelompok dari Lampung, Banten, dan Aceh. Nanti akan diungkap siapa yang mengundang mereka ke sini, siapa yang membiayai mereka," kata dia seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Tak hanya itu, demi menjaga kepercayaan masyarakat, tim ini akan diawasi Kompolnas dan bekerja paralel dengan tim investigasi buatan Komnas HAM.

"Kami tidak ingin dianggap eksklusif, nutup-nutupin. Jadi tim Komnas HAM dengan tim kami bekerja secara paralel. Nanti juga kami mungkin dengan Ombudsman," tandasnya. []


Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00