Efek Bakpau Novanto, Golkar Terancam Tak Masuk Dua Besar

Politik  SABTU, 03 NOVEMBER 2018 , 15:12:00 WIB

Efek Bakpau Novanto, Golkar Terancam Tak Masuk Dua Besar

Ilustrasi/Net

RMOLJogja. Posisi Partai Golkar di Pemilu 2014 terancam turun peringkat pada Pemilu 2019 mendatang.

Hal itu berdasarkan survei LSI Denny JA yang dilakukan untuk melihat pertarungan partai politik di 10 provinsi.

Peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menjelaskan suara Golkar akan tergeser dengan PDIP dan Gerindra yang mendapat keuntungan dari adanya pemilu serentak. Sebab kedua capres yang bertarung berasal kedua partai tersebut.

"Sedangkan Golkar terkena efek bakpau. Kenapa efek bakpau karena kasus Setya Novianto yang puncaknya menabrak tiang listrik dan diklaim benjol sebesar bakpau, mengerus elektabikitas," ujarnya saat  konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (2/11).

Adjie menambahkan dari 10 provinsi yang dilakukan survei yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan, partai berlambang pohon beringin itu hanya juara di Sulawesi Selatan.

"Sumatera Utara yang tadinya basis Golkar, berdasarkan survei yang dilakukan Oktober 2018 ini diperoleh suara PDIP yang menempati ranking satu," kata Adjie.

Sementara di provinsi lainnya, Golkar selalu di bawah bayang-bayang PDIP dan Gerindra. Khusus di Jawa Timur, suara Golkar pun jauh di bawah PKB.

Survei ini diambil dengan turun langsung ke lapangan dengan wawancara dan kuesioner dengan margin error per provinsi kurang lebih 4,1 persen.

Survei yang diikuti oleh 600 responden di setia provinsi ini juga dilengkapi dengan FGD dan analisis media serta indepth interview. [RMOL]


Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00